June 4, 2019

Proses Pembuatan Semen Conch

Proses Pembuatan Semen Conch – Semen yang saat ini dikenal dengan banyak macamnya menjadi salah satu bahan bangunan yang tingkat penjualannya termasuk tinggi.

Seperti semen conch semen – semen dengan merk yang lain juga menjadi bahan utama yang digunakan untuk membantu perekatan pada bahan-bahan bangunan. Ada beberapa macam semen yang dibeda-bedakan menurut proses pembuatannya.

Proses Pembuatan Semen

Pertama proses pembuatan basah yaitu semua bahan akan dicampur dengan air, dihancurkan, dan diuapkan kemudian akan dibakar menggunakan bahan bakar minyak.

Tetapi proses pembuatan pada semen ini jarang digunakan oleh karena masalah keterbatasan energi BBM. Semen conch adalah semen andalan di Indonesia.

Pada proses kering juga digunakan teknik penggilingan yang nantinya juga akan dibakar dengan bahan bakar batubara.

Ada beberapa proses lagi dalam tiap pengelolaannya, yang pertama adalah proses pengeringan dan penggilingan bahan dengan rotary dan roller meal, kedua prose mencampur untuk mendapatkan campuran yang homogen.

Ketiga proses pembakaran raw meal untuk menghasilkan terak /clincker yaitu bahan setengah jadi yang dibutuhkan untuk pembuatan semen.

keempat adalah proses pendinginan terak, terakhir penggilingan akhir dimana clinker dan gypsum digiling lagi dengan cement mill.

Semen Andalan di Indonesia

Semen conch adalah semen andalan di Indonesia. Dari segala proses pembuatan di atas nantinya akan terjadi penguapan oleh karena pembakaran menggunakan panas dengan suhu 900 derajat celcius.

Dari situ nanti nanti akan dihasilkan residu/sisa yang tak larut.

Menghasilkan juga sulfur trioksida, silika yang nantinya kan larut, besi, alumunium oksida, oksida besi, kalsium, magnesium, alkali, fosfor, dan kapur bebas.

Proses pembuatan semen ini secara singkat adalah semua bahan mentah yang ada akan dicampurkan bahan-bahan mentah harus bebas debu.

Bahan ini kemudian dimasukkan ke dalam suspensi preheater untuk memanaskan dengan cara menyemprotkan udara panas sehingga nantinya akan menghasilkan butiran hitam yang disebut clinker.

Clinker akan ditampung didalam clinker silo, kemudian dimasukkan ke dalam semen mill, tahap akhir dari pembuatan semen ini adalah pengepakan yang nantinya semen akan didistribusikan ke pasaran.

small-logo
KANTOR :
Jl. Kav Polri Blok D 14 No. 1200, Jelambar, Jakarta Barat
GUDANG :
Daan Mogot km 18 Sedayu Biz Park Blok DM 1 No. 96 Jakarta barat
Telepon : 021 225 63070
    021 225 62183
Fax : 021 225 63258
HP : 0819 08888 388
Email : raja_sukses_tritunggal@yahoo.com
semen