June 4, 2019

Bangunan Tahan Gempa Berbahan Material Pilihan dan Semen Conch

Bangunan Tahan Gempa Berbahan Material Pilihan dan Semen Conch – Pada dasarnya membuat seluruh rumah menjadi satu kesatuan, dengan begitu bangunan tersebut tidak akan bisa lepas atau runtuh akibat gempa bumi.

Penerapan konsep dimulai dari pondasi anti gempa yang tersambung dengan kuat ke setiap bagian rumah. Pemilihan bahan bangunan yang tepat seperti semen conch menjadi bahan pertimbangan yang bisa digunakan untuk membangun bangunan tahan gempa.

Pondasi Batu Kali Tahan Gempa

Pondasi anti gempa menjadi bagian yang penting karena pada umumya pondasi anti gempa menggunakan sistem pondasi batu kali yang menghubungkan antara pondasi rumah dengan sloof dengan angker berjarak setengah meter. Tujuannya adalah agar ada ikatan antara pondasi rumah dengan sloof, sehingga jika ada gempa tidak akan lepas. Pilih semen conch sebagai semen andalanmu.

Fungsi pondasi yang paling utama adalah menyebarkan beban bangunan ke tanah dan pastikan tanah memiliki kestabilan dan kekuatan yang cukup keras. Jika tanah dirasa kurang keras dan kurang stabil maka diperlukan lapisan tanah dengan menggunakan semen conch. Agar pondasi semakin kokoh dan baik digunakan dalam pembangunan.

Pondasi Kokok Tahan Gempa

Pondasi batu kali yang digunakan sebagai pondasi anti gempa memiliki kedalaman 45 m dari permukaan tanah untuk membangun bangunan satu lantai. Jika bangunan dua lantai maka kedalamannya sekurang-kurangnya sedalam 60 m. Jika kedalamannya hanya 45 m pada bangunan dua lantai maka harus ditambahkan pondasi telapak atau pondasi sumuran di bawahnya.

Pondasi batu kali dirancang tahan gempa terus menerus tanpa putus. Jangan memotong lajur pondasi bawah pintu karena dapat menimbulkan penurunan pondasi secara lokal yang dapat menyebabkan tembok retak atau roboh. Jika badan pondasi kali sudah dibuat maka selanjutnya membuat balok pengikat pondasi (sloof) yang terbuat dari beton.

Fungsi sloof yaitu membagi beban bangunan secara merata ke badan pondasi. Sloof pada pondasi menerus dan pondasi setempat yang memiliki tujuan yang sama.

Pondasi batu kali pada badan sloof perlu diikat dengan angker dengan jarak setengah meter agar kedudukan sloof kokoh diatas pondasi. Dengan Begitu bangunan akan semakin kuat dan kokoh.

 

 

small-logo
KANTOR :
Jl. Kav Polri Blok D 14 No. 1200, Jelambar, Jakarta Barat
GUDANG :
Daan Mogot km 18 Sedayu Biz Park Blok DM 1 No. 96 Jakarta barat
Telepon : 021 225 63070
    021 225 62183
Fax : 021 225 63258
HP : 0819 08888 388
Email : raja_sukses_tritunggal@yahoo.com
semen